Asal Usul Cabe dan Jenis Cabe


Asal Usul Cabe dan Jenis Cabe
  Semua jenis makanan dari dulu sampai saat ini pasti tidak terlepas dari yang namanya cabe.Bahkan pada sebagian orang ada yang berasa mual apabila makanan yang mereka santap tidak disertai cabe.Sensasi pedas dan rasa hangat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung cabe membuat sebagian orang di seluruh dunia menyukai cabe.Di pasaran sendiri harga cabe tidak stabil  bahkan  tidak jarang harganya melebihi dari sumber kebutuhan pokok yang lain seperti beras,dan juga telur.Kendati demikian masyarakat kita tetap membeli dan menyukai cabe.
  Dewasa ini cabe merupakan suatu komoditas sayuran yang sangat pokok dalam kehidupan sehari-hari.Tetapi pernahkah kita bertanya sebenarnya tanaman ini berasal darimana?.
  Berdasarkan asal usulnya cabe (hot pepper) berasal dari Peru.Adapula yang menyebutkan bahwa bangsa Meksiko kuno menyukai cabe sejak tahun 700 jauh sebelum Christophorus Colombus menemukan benua Amerika (1492).
Cristophrus Colombus kemudian menyebarkan dan mempopulerkan cabe ke spanyol pada tahun 1492.Pada awal tahun 1500 an,bangsa Portugis mulai memperdagangkan cabe ke makao dan goa,kemudian masuk ke India,Cina, dan Thailand.Sekitar tahun 1513 kerajaan Turki Usmani menduduki wilayah Portugis di hormuz,teluk Persia.Disinilah orang Turki mengenal cabe. Saat Turki menduduki Hongaria cabe pun memasyarakat disana.
   Hingga saat ini belum ada data yang pasti mengenai kapan cabe mulai masuk ke  Indonesia .Menurut dugaan, kemungkinan besar cabe dibawa oleh saudagar-saudagar dari Persia ketika singgah di Aceh. Sumber lain menyebutkan bahwa cabe masuk ke wilayah Indonesia karena di bawa bangsa Portugis.
  Saat ini tanaman yang terkenal akan sensasi pedasnya ini  sangat popular di seluruh dunia.Beberapa masakan khas dan popular di seluruh dunia  seperti : kari Thailand,saus Portugis,sup Brasil ,gulai Afrika,pizza Italia ,ayam Hongaria ,hingga masakan kapau minang menggunakan cabe sebagai bahan utama.Di Indonesia  selain masakan kapau minang , masakan khas daerah seperti di Jawa Timur , Sunda dan Manado terkenal akan masakan pedasnya yang tentu saja memerlukan cabe sebagai bahan utamanya.
  Cabe (Capsicum spp) pada dasarnya terdiri  atas 2 golongan utama yaitu :
                -Cabe Besar (C. annum L.) dan
                -Cabe Rawit (C. frutecens L.)
  Cabe  Besar terdiri atas cabe merah (hot pepper/cabe pedas),cabe hijau dan paprika (sweet pepper).Cabe merah sendiri terdiri atas Cabe Hibrida dan non Hibrida. Cabe rawit pun banyak ragamnya dan biasanya merupakan cabe local yang bukan Hibrida.
Selain sebagai penyedap makanan ternyata cabe juga mengandung zat-zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.Pada postingan berikutnya Insya Allah akan membahas tentang manfaat cabe bagi tubuh.
Source :Ir. Final Prajnanta (Agribisnis Cabe Hibrida)
Share on Google Plus

About Media Share

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur SARA serta PORNOGRAFI.
Salam Blogger !!